Sabtu, Mei 4, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWaspada dengan Pengendara Lane Hogger, Begini Cara Menghadapinya

    Waspada dengan Pengendara Lane Hogger, Begini Cara Menghadapinya

    Lane hogger adalah situasi ketika pengendara melaju dengan pelan di tol membuat pengendara di belakang terhambat.

    News.OLX – Lane Hogger adalah situasi dimana seorang pengendara mobil melaju dengan kecepatan rendah pada jalur yang tidak seharusnya di jalan tol. 

    Sebagai contoh, di Indonesia jalur yang berfungsi untuk mendahului adalah di sisi kanan. Namun, terkadang ada pengendara yang memilih berjalan pelan di jalur tersebut. Nah, orang itulah Lane Hogger. 

    Tips Mengatasi Pengemudi Lane Hogger

    Lane Hogger tidak bisa kamu anggap sepele karena dapat memicu situasi berbahaya. Misalnya kecelakaan lalu lintas. 

    Kamu harus memahami bahwa jalur di kanan berguna untuk mendahului dan memiliki jarak aman setiap kendaraan agar dapat mengantisipasi pengereman tiba-tiba. Logikanya, saat mendahului, maka kendaraan akan dipacu lebih kencang. 

    Namun, jika Lane Hogger berada di jalur tersebut, maka akan menghambat pengguna jalan lainnya. Bahkan, bisa memicu tabrakan. Agar terhindar dari potensi buruk tersebut, berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan.

    1. Dahului dari Kiri

    Yang pertama, kamu bisa melaju dengan kecepatan tinggi melebihi kecepatan kendaraan tersebut lewat lajur kiri. 

    Nah, jika kamu sudah berhasil mendahuluinya, maka kamu harus segera pindah lajur. Namun, kamu harus memastikan kondisi jalur untuk mendahului aman. 

    Pastikan kamu memiliki jarak aman dari kendaraan yang berjalan di sekitar. Setelah semuanya sudah aman, maka kamu bisa mendahului pada lajur tersebut.

    Lane hogger (1)

    2. Jangan Terpancing Emosi

    Jika kamu menemui pengemudi semacam itu, jangan mudah terpancing emosi. Jika sudah demikian, kamu justru dapat membahayakan diri kamu sendiri. Kamu akan lebih agresif dalam memacu kendaraan, sehingga bisa memicu adanya kecelakaan. Kuncinya, tetap tenang dan bertindak taktis. 

    Yang perlu kamu ingat, tidak selamanya orang mengemudi dengan laju pelan di lajur tersebut karena kesengajaan. Namun, bisa jadi karena kurangnya pengetahuan. 

    3. Bunyikan Klakson atau Lampu Sorot Jauh

    Kamu juga bisa mengirim sinyal dengan membunyikan klakson atau menyalakan lampu sorotan jauh. Jangan beri sinyal berlebihan, cukup sewajarnya saja. Ini akan memberikan tanda kepada pengemudi di depan Anda agar memberikan jalan. 

    Selama melaju di jalur tol, kamu juga harus mempersiapkan kendaraan dengan baik, demikian juga dengan mengisi saldo e-toll. Dengan memiliki saldo yang cukup, kamu akan terhindar dari kemacetan di gerbang tol karena harus melakukan pengisian terlebih dahulu.

    Kamu bisa mendapatkan saldo e-toll dengan membelinya secara online di OLX. Segera download aplikasi OLX melalui Google Play Store dan App Store, sekarang juga!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait