Rabu, Mei 1, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Pasang Aki Mobil Lawas, Ikuti Urutannya Jangan Sampai Terbalik

    Cara Pasang Aki Mobil Lawas, Ikuti Urutannya Jangan Sampai Terbalik

    Jika belum pernah tahu cara pasang aki mobil lawas, pastikan kamu mengikuti tutorial  ini agar langkahnya benar dan berhasil.

    News.OLX – Cara pasang aki mobil lawas adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh pemilik kendaraan roda empat ini. Jika bisa memasangnya sendiri, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan ke bengkel untuk jasa menggantinya.

    Jika belum tahu caranya, maka pastikan untuk mengikuti beberapa tutorialnya di bawah ini. Sebab, jika salah urutan atau terbalik, maka aki atau baterai mobil ini tidak bisa bekerja optimal. Nah, langkahnya antara lain:

    1. Lepaskan Aki Terdahulu

    Cara pasang aki mobil paling awal ialah dengan melepas baterai terdahulu lebih dahulu. Untuk melepaskannya, persiapkanlah sejumlah perkakas khusus yang membantu membongkar, di antaranya obeng, tang, serta kunci pas.

    Ketika melepaskannya, pastikan mesin mobil sedang tidak menyala atau mati. Selain itu, pastikanlah juga selalu berhati-hati untuk menghindari risiko yang mungkin muncul.  

    Tahapan untuk mencopot akinya yaitu:

    1. Lepaskanlah kutub negatif dengan tanda minus (-) dan warnanya hitam.
    2. Lepaskanlah kutub positif dengan tanda tambah atau positif (+) dan warnanya merah.
    3. Lepaskanlah bagian bracket menggunakan kunci pas bernomor sebelas atau dua belas.
    4. Terakhir, mulailah mengangkat baterai yang tidak lagi memakai sambungan klem, baut, atau kabel dari rangka mobilmu. Pastikan posisi baterai tegak lurus supaya tidak ada lagi cairan tumpah.

    2. Bersihkan Area Kotor

    Setelah aki terlepas, silakan bersihkan kotoran atau residu berwarna putih, yang biasanya terjadi pada pengguna aki basah. Proses pembersihannya juga sangat mudah, karena dapat menggunakan kawat halus atau sikat gigi.

    Setelah berhasil dibersihkan, kamu bisa cek juga area di sekitarnya, khususnya untuk mengecek keropos di area bawah akibat cairan aki yang tumpah.

    3. Posisikan Aki dengan Tegak Lurus

    cara pasang aki mobil

    Cara pasang aki mobil lawas selanjutnya adalah mulai memasang komponen aki baru yang sudah kamu beli secara offline ataupun online. Ketika hendak memasang, pastikanlah posisi aki barumu juga dalam keadaan tegak lurus di area dudukannya agar proses pemasangan selanjutnya lebih mudah.

    4. Pasang Kabel Positif dan Negatifnya

    Setelah aki dalam keadaan tegak lurus di atas dudukannya, awali proses pemasangan dengan menempatkan kabel positif pada terminalnya. Kemudian, ikuti pada kabel negatif pada terminalnya juga.

    Cara pasang aki mobil keempat ini merupakan kebalikan dari proses pelepasan aki yang dimulai dari kabel negatif. Tujuan kedua proses ini sama, agar mencegah terjadinya korsleting di area mesin.

    Ketika kedua kabel telah terpasang ke bagian terminalnya, biasanya akan terlihat percikan api. Tapi jangan langsung kebingungan atau cemas, karena hal ini masih normal. Tidak lama, percikan apinya akan berhenti saat penampang kepala dan semua kabel aki selesai dengan benar.

    5. Perhatikan Kondisi Kabel dan Klem

    Jika pemasangan sudah selesai dan dirasa sempurna, jangan langsung menyalakan mesin mobilmu. Silakan cek ulang pada bagian kabel dan klem, di mana keduanya harus berada di posisi masing-masing dengan benar.

    Semuanya harus kencang, karena apabila ada yang kurang kencang, mobilmu sudah dipastikan tidak akan bisa hidup. Jadi, sekalipun melakukan starter berulang kali, mesin kendaraan tidak akan bisa menyala.

    6. Hidupkan Mesin

    Jika keadaan kabel dan klem telah pas, kamu dapat segera menghidupkan mesin kendaraan. Namun jangan langsung dibawa berkendara dulu. Tunggulah selama beberapa waktu hingga mobil telah panas dan siap dibawa berkendara untuk membawamu melakukan mobilitas ke berbagai tempat.

    Setelah tahu enam langkah cara pasang aki mobil di atas, pastikan kamu telah cek OLX jika ingin mencari aki bekas ataupun mobil lawas.

    Terakhir, agar akses menuju setiap penawaran lebih mudah, unduhlah aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait