Rabu, Mei 1, 2024
Lainnya
    Panduan PembeliCiri - Ciri Freon AC Mobil Harus Ganti dan Daftar Harga Isi...

    Ciri – Ciri Freon AC Mobil Harus Ganti dan Daftar Harga Isi Ulangnya

    Jika freon AC mobil sering terasa tidak dingin maka tandanya minta segera diisi. Berikut daftar harga freon AC mobil terbaru dari berbagai merek.

    News.OLX – Freon AC mobil bertugas menangkap panas dari udara kabin dan mengalirkannya ke luar mobil. Dari waktu ke waktu, ada kemungkinan AC mobil bakal kehabisan freon.

    Meski lazimnya freon tidak mungkin habis dengan sendirinya, namun kebocoran pada sistem AC bisa mengakibatkan penurunan kadar freon.

    Jika AC mobil rendah bahan freon, pendinginan akan terganggu. Nantinya, apabila freon habis, AC malah mogok bekerja. Dalam skenario seperti ini, kebocoran harus segera dicari dan ditangani sebelum mengisi ulang cairan pendingin.

    Ciri-Ciri Freon AC Mobil Harus Isi Ulang

    Ada beberapa indikator yang mengindikasikan perlunya mengisi ulang freon, di antaranya:

    1. AC tidak lagi dingin

    Sekiranya kamu merasa angin yang keluar dari ventilasi mobil tak sedingin biasanya atau kabin lebih lama mencapai suhu rendah, ini bisa jadi pertanda bahwa stok freon sudah menipis.

    2. Ventilasi justru mengeluarkan udara hangat

    Apabila udara hangat yang bertiup dari ventilasi AC dan bukannya hawa dingin, ini jelas menandakan freon di dalam sistem tidak mencukupi untuk mendinginkan kabin.

    3. AC sering nyala dan mati

    AC yang sering hidup-mati, apalagi dengan frekuensi tinggi, kemungkinan besar bermasalah akibat kekurangan freon AC mobil. Siklus ini sebenarnya hanyalah upaya sistem untuk menyesuaikan suhu yang tepat. Tetapi, kalau freon sedikit, AC tidak akan mampu bertahan.

    4. Muncul suara mendesis atau menggelegak

    Bila kamu mendengar suara mendesis atau menggelegak dari AC saat mesin menyala, berarti ada kebocoran freon AC mobil. Bocor ini lambat laun dapat menguras habis freon.

    5. Terlihat bocoran freon AC mobil

    Periksa kolong mobil untuk mencari tanda-tanda bocornya freon, seperti genangan air atau noda. Freon mobil lazimnya tidak berwarna dan tidak berbau. Namun, sebagian freon mungkin tercium jelas ketika bocor.

    Harga Isi Freon AC Mobil 2024

    Freon AC Mobil

    Harga isi ulang freon AC mobil bervariasi tergantung dari faktor-faktor seperti kuantitas, jenis freon, dan merek.

    Pada dasarnya, R-134a adalah jenis freon yang paling lazim dipakai dalam sistem AC otomotif sejak bertahun-tahun lamanya. Jenama dari aneka perusahaan menjual freon ini dengan harga yang berbeda-beda.

    Apabila kamu berencana mengisi freon AC mobil di rumah, kamu tentunya butuh peralatan dan perkakas khusus supaya prosesnya berjalan aman dan lancar, di antaranya alat ukur dan alat isi freon. Alat ukur ini umumnya dibanderol mulai dari Rp165.000, sedangkan alat isinya seharga Rp265.000.

    Berikut daftar harga isi ulang freon AC mobil dari berbagai merek berdasarkan pantauan sejumlah marketplace per April 2024:

    • ALFRON: Rp42.000
    • Bailian: Rp37.500
    • Greencool: Rp35.000
    • HFC: Rp45.000
    • Klea: Rp29.000
    • Jincool: Rp50.000
    • Dupont: Rp75.000
    • One Cool: Rp45.000

    Sementara itu, reparasi dan isi ulang AC di bengkel biasanya termasuk menambah freon dan perbaikan kerusakan. Rata-rata, harga isi ulang freon AC mobil saja berkisar antara Rp150.000 untuk satu blower hingga Rp250.000 untuk dua blower.

    Namun, bilamana AC harus dibenahi lantaran bocor, ada komponen yang rusak, atau masalah lainnya, maka total biaya bisa membengkak. Biaya service AC di bengkel rata-rata sekitar Rp400.000. Nominal ini sudah termasuk diagnosa dan reparasi AC.

    Berpikir ini saatnya upgrade mobil? Cek OLX, yuk! Di sini, kamu bisa menemukan mobil dengan berbagai merek dan model, yang pastinya tak asal murah tapi terjamin mutunya.

    Mau browsing penawaran terbaru yang lebih praktis? Segera download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait