Senin, April 29, 2024
Lainnya
    Tips & Trik8 Tips Menentukan Harga Jual Rumah

    8 Tips Menentukan Harga Jual Rumah

    Jual rumah tidak boleh asal pasang harga. Biar tidak rugi, perhatikan hal-hal ini lebih dulu!

    News.OLX – Ketika akan jual rumah, tidak sedikit orang yang kemudian bingung soal harga. Banyak yang tidak tahu bagaimana cara menentukannya? Apakah hanya berdasarkan umur bangunan atau hal lainnya?

    Nah, kalau kamu juga bingung cara menentukan harga jual rumah, kamu bisa simak beberapa tips di bawah ini lebih dulu!

    1. Hitung Harga Tanah dan Bangunan

    Ketika akan menjual rumah, cara paling pasti yang bisa kamu lakukan untuk menentukan harga jualnya adalah melalui NJOP. NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) sendiri mencantumkan harga jual objek atau rumah kamu secara rata-rata.

    Nah, NJOP ini terlihat di surat PBB dan biasanya berbeda untuk tanah dan bangunan. Untuk rumusnya sendiri, seperti berikut:

    (Luas bangunan rumah x NJOP bangunan per meter) + (Luas tanah di rumah x NJOP tanah per meter) 

    2. Perhitungkan Kondisi Bangunan

    Jika kamu sudah menemukan harga jual rumah berdasarkan NJOP, jangan langsung menjadikannya harga pasti, ya. Karena NJOP tersebut hanya menghitung biaya secara rata-rata.

    Sedangkan, bangunan kamu mungkin sudah mengalami perubahan seperti ada yang perlu pembenahan dan sebagainya. Mungkin sebaliknya, rumah kamu ternyata masih dalam keadaan yang sangat baik meski sudah bertahun-tahun kamu tinggali.

    3. Lihat Fasilitas Lingkungan Rumah

    Selain kondisi bangunan, coba juga lihat lingkungan rumah kamu. Misalnya, seperti fasilitas yang tersedia di rumah, keamanannya, strategis tidak lokasinya sampai ke akses jalan juga harus kamu lihat.

    Ini penting, lho, karena dapat membantu kamu untuk menentukan harga jual rumah dengan lebih baik. Misalnya, lingkungan tempat tinggal kamu, kini semakin strategis sejak awal kamu menempati kawasan tersebut.

    jual rumah (1)

    4. Tambahkan Biaya Renovasi

    Apakah kamu sempat merenovasi rumah? Bila iya, sebaiknya ini kamu tambahkan dalam perhitungan harga, ya, karena akan sangat mempengaruhi.

    Misalnya, kamu sudah pernah merenovasi bagian pintunya atau mungkin bagian lain di dalam rumah tersebut. Bila ditotal, ternyata menghabiskan biaya hingga Rp70 juta. Artinya, biaya ini harus kamu tambahkan ke dalam perhitungan sebelumnya. 

    5. Coba Cek Harga Jual Rumah di Kawasan Tersebut

    Kamu masih bingung apakah harga yang kamu pasang sudah layak atau belum? Kalau masih bingung, kamu bisa coba cek harga rumah-rumah yang ada di kawasan kamu.

    Harga ini bisa jadi perbandingan dan pertimbangan. Tentunya, kamu juga harus melihat kondisi rumah tersebut, ya. 

    6. Coba Cek Harga Jual Rumah di Internet

    Selain mengetahui harga rumah yang ada di sekitar kawasan terdekat, kamu juga bisa cari referensi dari internet, kok.

    Kamu bisa temukan di situs-situs penjualan rumah dan melihat yang sekiranya kondisinya sama seperti dengan rumah kamu.

    7. Tentukan Harga dengan Rasional

    Nah, sekarang kamu sudah memasukkan segala perhitungan dan pertimbangan ke dalam harga dari rumah kamu. Artinya, kamu sudah bisa masuk ke kesimpulan untuk menentukan berapa harga jualnya.

    Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan, yakni cobalah rasional saat menentukan harganya. Jangan hanya karena ingin mendapat uang banyak, kamu jadi mematok harga tinggi, begitu pun sebaliknya.

    8. Buat Perkiraan Harga Terendah

    Saat seseorang membeli rumah, jelas ada tawar-menawar yang dilakukan dalam prosesnya, bukan? Mereka pasti akan menawar dengan harga yang lebih rendah dari yang sudah kamu pasang.

    Oleh karena itu, cobalah tentukan lebih dulu berapa batas harga jual paling rendah yang bisa kamu sepakati. Tentunya, juga dengan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, ya.

    Nah, sekian beberapa tips untuk menentukan harga jual rumah yang bisa kamu ikuti. Satu hal yang penting adalah pastikan kamu menentukannya dengan rasional, ya.

    Kalau kamu ingin menjual rumah secara online, kamu bisa pasang di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait