Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBenarkah Rendam HP di Beras Berbahaya?

    Benarkah Rendam HP di Beras Berbahaya?

    Beras katanya tidak aman untuk HP yang terendam air, lho. Cari tahu kebenarannya di sini, yuk!

    News.OLX – Ketika ponsel tidak sengaja terendam air, banyak menyarankan untuk merendamnya dalam beras agar cepat kering. Katanya, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan ini.

    Namun, ada pula yang mengatakan bahwa cara ini keliru dan malah bisa membuat handphone jadi rusak. Lantas, apakah rendam HP di beras bisa mengakibatkan kerusakan? Simak selengkapnya dalam pembahasan berikut!

    Beras Memang dapat Menyerap Air pada Ponsel

    Bukan tanpa alasan banyak orang sangat percaya bahwa beras bisa mengatasi masalah handphone yang terendam air.

    Hal ini lantaran medium yang satu ini memang bisa menyerap air dengan baik. Sebagai salah satu kelompok gandum, bahan pangan pokok orang Asia ini memiliki sifat hygroscopic atau menyerap lembab dengan mudah.

    Sehingga, ini bisa jadi cara yang cukup membantu untuk mengeringkan air. Butiran-butirannya akan menyerap air yang masuk ke dalam ponsel kamu.

    Biasanya, orang akan meninggalkan ponselnya di dalam rendaman kelompok gandum yang satu ini hingga 24 jam penuh. Ada pula yang hingga melebihi 24 jam, tergantung pada seberapa banyak kandungan airnya.

    beras (1)

    Apakah HP yang Direndam di Beras Bisa Rusak?

    Seperti yang sudah kamu simak di atas, cara rendam HP di beras memang bisa membantu menyerap air yang masuk. Namun, cara ini tidak dapat menyerap air sepenuhnya, bahkan mungkin tidak sampai sebagian. 

    Sebuah penelitian mengatakan hanya 13% air yang terserap. Artinya, tetap masih ada air yang tersimpan di dalam ponsel kamu. Terutama di bagian yang cukup dalam seperti baterai dan sebagainya.

    Meski dapat membantu menyerap air, nyatanya cara ini kurang disarankan oleh banyak ahli, terutama pihak Apple. Mengapa demikian? Apakah karena berbahaya untuk ponsel?

    Kata berbahaya rasanya kurang tepat untuk menggambarkannya. Seperti yang kamu ketahui, beras memiliki remah-remah dan partikel-partikel. Nah, bila ponsel kamu rendam di dalamnya dalam keadaan yang masih basah, reremahan ini bisa saja masuk atau menempel pada komponen ponsel.

    Jika menyumbat beberapa lubang, bisa saja ponsel kamu mengalami masalah terhadap fungsinya. Inilah mengapa tidak sedikit pula orang yang kurang menyarankan cara ini untuk mengeringkan ponsel kamu. 

    Cara Tepat untuk Atasi Handphone yang Terendam Air

    Alih-alih menggunakan beras, masih banyak cara lain, kok, yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air yang masuk ke handphone kamu.

    Misalnya dengan menggunakan silica gel yang tidak berpartikel dan berdebu. Bisa juga dengan melepas semua komponen ponsel dan mengeringkannya.

    Yang pasti, kamu tidak menggunakan cara yang dapat merusak handphone seperti hairdryer atau dengan beras seperti yang sudah dijelaskan.

    Rendam HP di beras memang bisa jadi salah satu cara untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam ponsel. Namun, cara ini kurang efektif, ya, untuk handphone kamu.

    Jika ada bagian ponsel yang rusak, seperti baterai, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait