Senin, April 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Bersihkan Layar HP Kotor Agar Tetap Kinclong

    Cara Bersihkan Layar HP Kotor Agar Tetap Kinclong

    Layar HP yang jarang dibersihkan bisa menumpuk kuman dan bikin layar rusak. Bersihkan dengan cara ini!

    News.OLX – Banyak orang yang tidak tahu kalau layar HP seharusnya rutin dibersihkan. Setiap hari kamu sentuh dengan tangan kamu yang sudah pasti tertempel banyak kuman dan bakteri.

    Bayangkan kalau tidak kamu bersihkan, berapa banyak yang menempel di wajah dan tubuh kamu. Cara membersihkan layar HP ini juga tidaklah sulit. Agar lebih jelas, kamu bisa simak penjelasan berikut ini!

    Kenapa Harus Rutin Membersihkan Layar Ponsel?

    Sadar-tidak-sadar, sebetulnya ponsel itu salah satu benda yang mengandung banyak kuman, lho. Setiap saat, kamu meletakkan ponsel di meja, kursi maupun tempat lainnya yang tidak kamu ketahui kebersihannya.

    Belum lagi tangan kamu yang memegang ponsel tersebut. Pasti juga terdapat banyak kuman yang menempel, bukan? Apalagi bila kamu sering membawa ponsel ke kamar mandi, sudah pasti kumannya lebih banyak.

    Salah satu studi bahkan menyebutkan bawah di handphone terdapat banyak sekali bakteri yang ternyata cukup menyeramkan. Sebut saja seperti MRSA, E.coli dan Streptococcus.

    Bayangkan jika bakteri-bakteri ini pindah dari handphone ke telinga, mulut dan tubuh kamu. Bisa-bisa kamu mengalami penyakit seperti diare, batuk, flu, mata dan sebagainya.

    Inilah yang jadi alasan kuat mengapa kamu harus membersihkan handphone secara rutin. Bukan hanya mengelapnya untuk menghilangkan minyak dan sidik jari yang menempel, tetapi juga bisa membasmi bakteri-bakteri berbahaya ini.

    Cara Membersihkan Layar HP 

    Jika kamu tidak ingin ada banyak bakteri pada ponsel yang berpindah ke tubuh, sebaiknya kamu rutin bersihkan. Namun, membersihkan layar HP ini tidak bisa kamu lakukan dengan sembarangan.

    Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan agar layar handphone tidak rusak kemudian. Nah, berikut tahapan yang bisa kamu lakukan.

    1. Pastikan kamu sudah menonaktifkan ponsel lebih dulu, ya. Ini penting agar tidak ada tombol maupun aplikasi pada layar yang tersentuh secara tidak sengaja.
    2. Jika layar sudah pasti mati, sekarang kamu bisa gunakan lap microfiber untuk membersihkan layar dan keseluruhan ponsel. Sehingga, debu-debu dan noda lainnya bisa terangkat.
    3. Setelah ponsel lebih bersih, selanjutnya kamu harus mematikan bakteri yang ada dengan cairan alkohol 70%. Kamu bisa gunakan alcohol swab atau tisu basah yang mengandung disenfektan. Namun, pastikan tidak terlalu basah.
    4. Jangan lupakan area lainnya dari ponsel kamu, ya. Seperti kamera dan seluruh port pada HP. Kamu bisa gunakan cotton bud yang dicelupkan ke alkohol untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit terjangkau.
    5. Jika menggunakan casing, bersihkan pula softcase maupun hardcase yang kamu gunakan dengan alkohol, ya. Ini penting agar kuman dan bakterinya tidak berpindah ke tubuh kamu.
    6. Setelah seluruh bagian HP selesai kamu bersihkan, tunggu sekitar 10 menit hingga ponsel kering. Ini juga penting untuk memastikan seluruh bakterinya betul-betul mati.
    7. Terakhir, kamu bisa lap kembali dengan kain microfiber untuk memastikan ponsel betul-betul kering dan terbebas dari bercak air. 
    8. Selesai.

    layar hp (1)

    Seberapa Sering Harus Membersihkan Layar Handphone?

    Seperti yang sudah kamu ketahui, permukaan handphone ternyata mengandung banyak sekali bakteri yang menyeramkan. Bisa membuat kamu mengalami diare, sakit mata dan sebagainya.

    Karena itu, kamu harus bersihkan permukaan ponsel secara rutin. Nah, maksudnya rutin adalah setidaknya sekali setiap hari.

    Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir berbagai bakteri pada layar HP akan berpindah ke tubuh kamu dan menjadi penyakit.

    Nah, sekian pembahasan tentang cara membersihkan layar HP. Kamu bisa ikuti tahapannya dan lakukan setiap hari agar ponsel tetap bersih.

    Kalau kamu ingin mencari alcohol swab atau disenfektan cair untuk membersihkan HP, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait