Senin, April 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMau Servis Motor di Bengkel Umum Pinggir Jalan? Ketahui Dulu Plus Minusnya

    Mau Servis Motor di Bengkel Umum Pinggir Jalan? Ketahui Dulu Plus Minusnya

    Cek berbagai kelebihan dan kekurangan melakukan servis dan pemeriksaan rutin di bengkel pinggir jalan!

    News.OLX – Saat ini ada dua jenis bengkel yang biasa kita temui, yaitu resmi dan umum di pinggiran jalan. Keduanya, sering menjadi alternatif tempat untuk melakukan servis dan pemeriksaan rutin. Meskipun sudah disediakan tempat resmi, beberapa orang memilih melakukan servis dan pemeriksaan di bengkel pinggir jalan.

    Beberapa alasan yang melandasinya adalah karena harga lebih miring dan lokasi yang mudah dijangkau. Sebab, beberapa tempat resmi hanya berada di tengah kota. Nah, jika kamu lebih tertarik ke tempat ini, maka pastikan dulu tahu apa saja plus dan minus-nya.

    Kelebihan Servis di Bengkel Pinggir Jalan

    Beberapa kelebihan atau nilai plus yang akan kamu dapatkan ketika melakukan servis di pinggir jalan antara lain:

    1. Harga Lebih Terjangkau

    Di bengkel pinggir jalan, harga suku cadang ataupun servisnya umumnya lebih terjangkau daripada pada tempat resmi. Meskipun terkadang uang yang kamu keluarkan harus banyak, namun ini juga menyesuaikan dengan servis dan produk yang kamu dapatkan.

    Jika lebih mengutamakan harga miring, maka otomatis lebih banyak pemilik kendaraan mempercayakannya ke bengkel umum pinggir jalan ini.

    2. Bisa Nego Harga

    Jika di tempat resmi harganya sudah tetap dan tidak bisa kamu nego, maka di bengkel pinggir jalan ini negosiasi sangat mungkin dilakukan.

    Sebelum atau sesudah servis, kamu masih bisa meminta keringanan harga jika merasa harganya terlalu mahal. Negosiasi ini pun biasanya berhasil dengan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

    3. Bisa Memantau Servis

    Karena bengkel umum pinggir jalan ukurannya tidak terlalu besar, maka biasanya ruangan lokasi tunggu sama dengan lokasi servis. Dengan begitu, kamu dapat mengamati proses servis dari awal.

    4. Bisa Diskusi Lebih Lanjut

    Meskipun di tempat resmi hal ini juga bisa kamu lakukan, namun terkadang ada beberapa aturan resmi yang tidak bisa dinegosiasi. Nah, di bengkel pinggir jalan, kamu masih bisa mengajak teknisi agar mencarikan solusi lain agar tidak membuat biaya servis membengkak.

    Misalnya saja memperbaiki atau mengakali agar komponen bisa digunakan lagi tanpa harus mengganti dengan yang baru. Hal ini akan sangat memungkinkan jika kamu sudah berlangganan dengan tempat tersebut.

    5. Akses yang Mudah

    Seperti penjelasan pada pembuka, akses ke bengkel pinggir jalan jauh lebih mudah,  karena persebarannya cukup banyak di berbagai daerah. Dengan begitu, kamu tidak harus menempuh jarak jauh untuk mengaksesnya. Sedangkan beberapa tempat resmi hanya tersedia di daerah tertentu saja.

    Bengkel (1) (1)

    Kekurangan Bengkel Umum Pinggir Jalan

    Di balik kelebihan bengkel umum pinggir jalan, kamu juga akan menemukan sejumlah kekurangan, yaitu:

    1. Keterbatasan Suku Cadang

    Beberapa suku cadang asli hanya tersedia di bengkel resmi, sehingga kamu mungkin sulit mendapatkannya jika datang ke bengkel pinggir jalan biasa. Di bengkel biasa, suku cadang yang disediakan pada umumnya berasal dari merek lain atau imitasi dengan harga lebih miring.

    2. Area Tunggu yang Kurang

    Selain menjadi kelebihan, area tunggunya pun dapat menjadi kekurangan, karena memang kurang memadai daripada tempat resmi. Hal ini mungkin membuat beberapa orang merasa kurang nyaman.

    3. Peralatannya Lebih Sederhana

    Peralatan di bengkel pinggir jalan cenderung lebih sederhana, sehingga jika motor membutuhkan penanganan ekstra dengan alat tertentu, kemungkinan besar akan sulit kamu lakukan di sini.

    Terlepas dari kelebihan dan kekurangan bengkel pinggir jalan, kamu juga tidak bisa meremehkan skill teknisi. Sebab, sangat banyak tempat seperti ini yang memiliki teknisi dengan skill luar biasa dan mampu menyaingi tempat resmi.

    Jika ingin menemukan jasa bengkel secara online, kamu dapat cek jasanya melalui OLX. Unduh aplikasi OLX untuk dapatkan akses lebih cepat dan mudah di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait