Senin, April 29, 2024
Lainnya
    BeritaRayakan Hari Air Sedunia, Asuransi Astra Bangun dan Resmikan Sarana Air Bersih...

    Rayakan Hari Air Sedunia, Asuransi Astra Bangun dan Resmikan Sarana Air Bersih di Bekasi

    Selaras dengan visi memberikan peace of mind tak hanya ke pelanggan namun juga ke masyarakat sekitar, Asuransi Astra menyalurkan dana sosial peserta Asuransi Astra Syariah dengan membangun dan meresmikan sarana air bersih di Desa Muarabakti, Kecamatan Babelan, Bekasi pada 22 Maret 2024, bertepatan dengan Hari Air Sedunia.

    News.OLX – Memiliki akses terhadap air bersih dan layak konsumsi merupakan hak seluruh masyarakat. Karena air bersih merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar bagi kesehatan manusia.

    Selain itu, menurut World Health Organization (WHO), dengan meningkatkan pasokan air bersih serta pengelolaan sumber daya air yang lebih baik juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara dan berkontribusi besar terhadap pengentasan kemiskinan.

    Atas dasar tersebut, Asuransi Astra membangun dan meresmikan sarana air bersih di Desa Muarabakti, Kecamatan Babelan, Bekasi pada 22 Maret 2024, bertepatan dengan Hari Air Sedunia.

    “Penting bagi kita, dan juga memang merupakan tanggung jawab sesama untuk mengambil langkah untuk memastikan bahwa sumber air kita tetap terjaga dan tetap bersih agar setiap orang memiliki akses tanpa takut air tersebut terkontaminasi sehingga masyarakat pun dapat tumbuh serta sejahtera bersama. Dengan peresmian sarana air bersih ini, semoga dapat memberikan kebaikan dan manfaat positif yang dapat dirasakan tidak hanya sekarang namun berkepanjangan bagi masyarakat serta lingkungan sekitar,” sebut Adi Sepiarso, Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra.

    Asuransi Astra Hari Air Sedunia
    Jajaran Manajemen Asuransi Astra bersama sejumlah perwakilan warga sekitar saat penyerahan simbolis peresmian sarana air bersih di Desa Muarabakti, Kecamatan Babelan, Bekasi pada 22 Maret 2024, bertepatan dengan Hari Air Sedunia. (Asuransi Astra)

    Peresmian sarana air bersih ini merupakan upaya Asuransi Astra dalam mendukung terwujudnya SDGs poin 6 “Air Bersih dan Sanitasi Layak” dalam menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk masyarakat.

    “Komitmen memberikan peace of mind yang berangkat dari hati kami ini, harapannya dapat diteruskan tidak hanya oleh Asuransi Astra namun juga masyarakat lainnya untuk sama-sama saling mengulurkan tangan terhadap sesama,” lanjutnya.

    Dari fakta yang ada, sebelumnya warga Desa Muarabakti, Bekasi hanya bergantung pada sumur dangkal dengan air bersih yang berjumlah terbatas untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.

    Musim kemarau panjang yang melanda menyebabkan sulitnya mendapatkan air bersih, tidak hanya untuk diri sendiri dan keluarga, namun bagi seluruh warga desa yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan pedagang.

    Air cenderung keruh dan kuning serta berubah rasa. Ini tak hanya memberikan pengaruh buruk pada kesehatan, namun juga pada ekonomi warga sekitar akibat sumber pendapatan yang terhambat.

    Memberikan solusi atas permasalahan warga disana, Asuransi Astra melakukan inisiatif untuk melakukan pengeboran sumur sedalam 110 meter guna mencapai sumber air bersih dan penginstalasian mesin pompa air.

    Dengan air yang dihasilkan sebesar 5 m³ perjam, pompa air memompa air bersih yang kemudian berhasil ditampung di dalam tandon air.

    Asuransi Astra juga membangun menara tandon yang tujuannya untuk menampung air bersih kemudian disalurkan ke dalam pipa-pipa yang berhasil terpasang ke 40 rumah warga desa.

    Tidak berhenti disitu, Asuransi Astra juga menyediakan fasilitas keran bersama yang dapat digunakan warga sekitar dalam mendapatkan air bersih.

    Asuransi Astra Hari Air Sedunia
    Setelah melaksanakan peresmian, jajaran manajemen Asuransi Astra ditemani Camat Babelan meninjau aliran air bersih dari fasilitas keran bersama yang dapat digunakan warga sekitar dalam mendapatkan air bersih dan disediakan oleh Asuransi Astra dan. Air bersih yang mengalir merupakan upaya Asuransi Astra untuk membantu memberikan sarana air bersih kepada warga Desa Muarabakti (Asuransi Astra)

    “Kami ucapkan terima kasih untuk Asuransi Astra atas bantuan peresmian penyediaan sarana air bersih kepada warga desa kami. Semoga sarana ini dapat digunakan sebaik mungkin oleh warga sekitar serta dapat membantu mereka dalam mendapatkan kemudahan untuk melengkapi kebutuhannya terutama pada hasil panen yang menjadi mata pencaharian agar dapat membantu meningkatkan ekonomi warga sekitar lebih baik lagi. Kami juga berharap dengan adanya air bersih dapat lebih mendukung lingkungan sekitar menjadi bersih dan sehat agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit,” tutup Camat Babelan, H. Khoiruddin.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait