Senin, April 29, 2024
Lainnya
    InformasiLayaknya Darah di Tubuh Manusia, Fungsi Oli di Mesin Kendaraan, Jadi Jangan...

    Layaknya Darah di Tubuh Manusia, Fungsi Oli di Mesin Kendaraan, Jadi Jangan Asal Pakai Oli

    Fungsi pelumas tersebut jika di analogikan, mirip seperti darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. Aliran darah yang lancar membuat jantung akan bekerja dengan baik. Hal ini menunjukkan bagaimana pentingnya fungsi oli mesin kendaraan Anda.

    News.OLX – Oli atau pelumas mesin menjadi salah satu komponen penting dalam menjaga performa dan umur panjang dari sebuah mesin kendaraan. Fungsi utamanya adalah melumasi, melindungi dan juga mendinginkan bagian-bagian dalam mesin dari gesekan dan keausan yang berlebihan.

    Jadi jangan pernah menganggap remeh fungsi pelumas atau oli dan pastikan Anda memilih yang tepat untuk kendaraan kesayangan Anda.

    Memang, di pasaran oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe hingga harga, mulai dari yang murah sampai mahal.

    Untuk itu perlu bagi pemilik mobil memiliki pengetahuan mendasar tentang jenis-jenis oli dan fungsinya.

    Nah, fungsi lain dari pelumas yang juga tak kalah penting adalah menambah performa, merapatkan celah antara piston dengan silinder, meredam getaran dan suara, berfungsi juga sebagai anti karat, mengurangi gesekan antar komponen, sehingga mempengaruhi usia pakai kendaraan.

    Perhatikan Tiga Hal Penting Ini Sebelum Menentukan Produk Oli untuk Mesin

    Karena fungsinya begitu penting, maka pilihlah pelumas yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin. Kalau masih bingung menentukan mana jenis atau tipe pelumas yang cocok untuk mesin kendaraan Anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting di bawah ini:

    Melihat buku panduan kendaraan

    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merujuk pada buku manual kendaraan itu sendiri. Buku manual ini adalah panduan resmi dari produsen kendaraan dan biasanya mencantumkan rekomendasi jenis oli yang sebaiknya digunakan.

    Informasi ini berharga karena produsen telah melakukan uji coba dan penelitian untuk menentukan oli yang paling cocok dengan mesin kendaraan mereka.

    Oleh karena itu, manual book menjadi panduan terbaik untuk memilih oli yang sesuai dengan jenis kendaraan.

    Perhatikan kode sertifikasi API dan SAE pada kemasan oli

    Terdapat kode-kode yang mengacu pada jenis oli yang sesuai. Kode ini mengikuti standar American Petroleum Institute (API) dan Society of Automotive Engineers (SAE).

    Pada SAE Semakin tinggi angkanya, maka semakin kental tingkat viskositas olinya. Sebaliknya Jika angka semakin rendah, maka oli akan semakin encer.

    Memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan merupakan salah satu cara untuk menghemat serta memperpanjang usia pakai kendaraan.

    Oli Mesin

    Salah satu oli mesin dengan kualitas Jepang terbaik yang cocok digunakan untuk kendaraan pabrikan Jepang maupun Eropa adalah ENEOS X Series yang memiliki 2 segmen, yakni ENEOS X PRIME yaitu segmen pelumas premium dan ENEOS X, yang merupakan rangkaian produk unggulan ENEOS.

    Seluruh varian dari ENEOS X PRIME dan ENEOS X menggunakan 100% fully synthetic base oil dan sertifikasi API SP yang merupakan standar kualitas API (American Petroleum Standard) terbaru.

    Oli premium ENEOS X PRIME mengutamakan kepuasaan dan kenyamanan berkendara dengan meningkatkan akselerasi kendaraan, mengurangi gesekan dan kebisingan mesin hingga 32% dalam kondisi kecepatan hingga 3,000 rpm. Cocok digunakan untuk mobil teknologi hybrid ataupun mesin turbo.

    Sementara untuk varian produk unggulan ENEOS X Series, dilengkapi dengan aditif spesial Titanium dan Molybdenum serta dikembangkan dengan riset khusus teknologi Jepang sehingga dapat memperpanjang umur mesin, memberikan perlindungan pada mesin dalam pola berkendara Stop n Go, serta mencegah terjadinya kondisi Low-Speed Pre-Ignition (LSPI).

    ENEOS X ditargetkan untuk jenis kendaraan bertipe middle High, LCGC, hingga kendaraan bermesin turbo dan teknologi hybrid.

    Aditif Titanium meningkatkan perlindungan mesin dengan membentuk lapisan titanium pada permukaan komponen mesin hingga bagian terkecil, untuk mengurangi terjadinya gesekan guna memperpanjang umur mesin kendaraan.

    Sementara, aditif Molybdenum membentuk lapisan film di semua permukaan yang mengalami gesekan guna memastikan komponen bekerja lebih lancar, menghindari kontak langsung antara permukaan logam sehingga melindungi mesin dari keausan.

    Membeli produk dari toko dan distributor terpercaya

    Selanjutnya, konsumen juga harus memastikan membeli oli dari outlet terpercaya guna terjamin keasliannya.

    Sebagai contoh, para konsumen membeli oli ENEOS dapat ditemukan Bengkel rekanan ENEOS dan juga website resmi dari ENEOS. Dengan menggunakan oli yang asli, memastikan kita mendapatkan kualitas dan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

    Menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi produsen adalah kunci untuk menjaga performa mesin dan memperpanjang umur mesin kendaraan.

    Kunjungi OLX atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan informasi terbaru tentang otomotif lainnya.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait