Selasa, April 30, 2024
Lainnya
    Tips & Trik5 Tips Kosongkan Memori HP yang Penuh

    5 Tips Kosongkan Memori HP yang Penuh

    Memori HP penuh? Ini dia trik jitu untuk mengosongkan ruang penyimpanan agar HP kembali lancar.

    News.OLX – Tidak ada yang lebih menjengkelkan selain mendapat notifikasi penyimpanan penuh di HP. Gara-gara memori habis, kamu pun tidak bisa mengambil foto atau video apalagi menginstal aplikasi seperti biasanya. Untungnya, masalah ini mudah diatasi.

    5 Cara Mengatasi Memori HP Penuh dengan Cepat

    Ini dia beberapa tips ampuh untuk mengosongkan ruang penyimpanan:

    1. Hapus Penyimpanan Google Chrome

    Salah satu aplikasi yang paling banyak menyita memori HP adalah web browser. Setiap kali kamu membuka sebuah website, browser akan menyimpan sedikit data agar bisa loading lebih cepat. Akibatnya, data tersebut makin lama makin bertambah.

    Untuk memangkas jumlah data yang tersimpan, buka Chrome di HP, tap menu di pojok kanan atas, lalu masuk ke Pengaturan. Kemudian, buka Pengaturan Situs dan scroll ke bawah sampai menemukan Penyimpanan.

    Di bagian bawah layar, kamu akan melihat opsi Hapus Penyimpanan Situs. Tap opsi tersebut agar penyimpanan HP terbebas dari ratusan megabyte data.

    2. Hapus Cache Aplikasi

    Memori yang bisa kamu hapus tanpa risiko adalah cache. Untuk aplikasi yang jarang kamu gunakan, cache ini layak untuk disingkirkan. Kamu bisa melakukannya satu per satu untuk setiap aplikasi melalui Pengaturan.

    Sementara itu, ada juga opsi untuk menghapus semua cache secara bersamaan di Pengaturan, lalu masuk ke Penyimpanan. Cara pelaksanaannya berbeda-beda pada setiap model, jadi cari yang cocok untuk HP-mu.

    3. Hapus File Lama

    Hapus foto, video, atau file yang tidak lagi diperlukan di HP kamu. Pastikan kamu sudah mem-backup data penting sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk secara berkala membersihkan file sementara agar ruang penyimpanan tidak penuh.

    Cara mengatasi memori HP penuh yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan HP sekaligus menjaga supaya kinerja HP tetap optimal.

    Pertama-tama, buka galeri atau aplikasi manajemen file. Kemudian, pilih berkas yang ingin kamu hapus, lalu tekan opsi Hapus. Selain itu, periksa juga folder download dan file yang mungkin tersembunyi di penyimpanan internal.

    memori hp 2

    4. Gunakan Cloud Storage

    Salah satu trik jitu lainnya adalah dengan meng-upload foto, video, dan file lainnya ke cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan cloud storage, kamu bisa menyimpan data secara online. Jadi, memori penyimpanan internal HP bisa terbebas dari beban berlebih.

    Jangan khawatir, kamu masih bisa mengakses berkas-berkas ini kapan saja dan dari perangkat apapun dengan koneksi internet. Namun, pastikan cek lebih dulu apa file sudah di-upload dengan sukses sebelum menghapus versi lokal yang tersimpan di HP.

    5. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

    Cara mengatasi memori HP penuh yang terakhir adalah dengan memanfaatkan kartu SD sebagai tambahan penyimpanan. Pindahkan aplikasi atau data ke kartu SD agar tersedia lebih banyak ruang kosong di penyimpanan internal.

    Trik ini termasuk penting, apalagi kalau HP kamu memiliki kapasitas penyimpanan internal yang terbatas. Pastikan kartu SD terpasang dan terbaca oleh perangkat. Format kartu SD jika diperlukan.

    Kemudian, pilih aplikasi atau data yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD. Di dalam opsi aplikasi atau data, pilih Pindahkan ke Kartu SD. Setelah berhasil, cek apakah aplikasi yang dipindahkan masih berfungsi dengan baik.

    Temukan gadget impianmu di OLX, pusatnya gadget berkualitas! Segera download OLX di Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan akses eksklusif ke berbagai penawaran menarik. Nikmati kemudahan berbelanja, negosiasi harga, dan fitur canggih lainnya dengan aplikasi OLX.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait