Minggu, April 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Tepat Merawat Lensa Kamera agar Terhindar dari Jamur

    Cara Tepat Merawat Lensa Kamera agar Terhindar dari Jamur

    Lensa kamera yang tidak dijaga dengan baik bisa terkena jamur, lho. Lakukan cara ini agar tidak rusak!

    News.OLX – Ketika kamu memiliki kamera artinya kamu harus paham bagaimana cara merawatnya dengan baik. Karena kalau asal-asalan, bisa-bisa lensa kamera kamu berjamur dan rusak, lho.

    Inilah sebabnya kamu harus paham cara merawat lensa kamera dan seluruh komponen yang ada. Nah, agar tidak salah, kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini, ya!

    1. Simpan di Tempat Aman dan Tidak Lembab

    Banyak orang yang lensa kameranya berjamur dan rusak akibat cara penyimpanan yang tidak tepat. Alih-alih menyimpannya di tempat aman, kamera malah disimpan di tempat asal dan tertumpuk benda lain.

    Padahal, kamera seharusnya kamu simpan di tempat yang khusus dan tidak boleh lembab. Bukan hanya agar lensanya aman, melainkan juga komponen lain di dalamnya.

    Hal ini karena bagian dalam kamera seperti baterai, memori dan sebagainya bisa juga mengalami kerusakan bila berada di tempat lembab.

    2. Rutin Bersihkan Lensa Kamera

    Cara merawat lensa kamera selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin membersihkannya. Ini penting mengingat pasti ada banyak debu dan kotoran yang menempel di lensa.

    Jika kamu membiarkannya kotor, jelas ini akan membuat hasil tangkapan kamera jadi kurang bagus. Kamu tidak dapat membidik objek dengan tepat karena terhalang debu dan kotoran yang ada.

    Karena itu, kamu harus rutin bersihkan lensa dengan cleaning kit-nya. Mulai dari blower, spray dan kain microfiber.

    lensa kamera (1)

    3. Lepas Lensa saat Tidak Digunakan

    Jika kamu ingin lensa kamera tetap awet, kamu bisa rawat dengan selalu melepaskannya saat tidak digunakan. Meski tampaknya sepele, nyatanya ini bisa sangat membantu, lho.

    Ketika lensa kamu lepaskan, kamu dapat menutupnya langsung dengan penutup lensa. Sehingga, tidak ada debu dan partikel yang bisa masuk ke sensor. Karena kalau sudah masuk, ini akan sangat mengganggu kualitas gambar nantinya.

    4. Jangan Tiup Lensa Kamera

    Meniup lensa secara langsung saat membersihkannya adalah salah satu tindakan yang dapat merusak lensa, lho. 

    Hal ini lantaran ketika kamu meniupnya langsung dengan mulut, bukan tidak mungkin ada air liur yang dapat masuk ke lensa. Jika terjadi, sudah pasti lensa kamu akan cepat rusak.

    Karena itu, kalau memang ada debu yang mengganggu, sebaiknya gunakan air blower untuk membersihkannya. Sehingga, tidak akan terjadi kerusakan.

    5. Pasang UV Filter pada Lensa

    Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjaga lensa kamera adalah dengan memasang UV filter. Filter yang satu ini cukup mudah kamu temukan di pasaran, kok.

    Dengan memasang filter pada bagian depan, kamu dapat menghindari lensa dari debu, sinar UV yang menusuk dan juga goresan. 

    Selain itu, ini juga bisa membantu kamu untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih bagus, lho. Nah, itu dia beberapa cara merawat lensa kamera yang bisa kamu lakukan agar tetap awet dan tidak berjamur.

    Jika kamu ingin mencari kamera atau peralatan lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait