Selasa, April 30, 2024
Lainnya
    MobilDiklaim Irit 'Minum' Bensin, Segini Konsumsi BBM Ertiga Hybrid

    Diklaim Irit ‘Minum’ Bensin, Segini Konsumsi BBM Ertiga Hybrid

    Konsumsi BBM Ertiga Hybrid diklaim lebih irit daripada mobil-mobil pada umumnya, benarkah? Ini faktanya.

    News.OLX – Mobil hybrid cenderung diklaim lebih hemat BBM ketimbang yang murni mengandalkan tenaga dari bahan bakar minyak.

    Suzuki, pembesut Ertiga Smart Hybrid, juga mengajukan klaim senada. Perusahaan asal Jepang ini mengaku kalau konsumsi BBM Ertiga Hybrid unggul atas mobil konvensional.

    Argumen itu mengacu pada teori di mana mobil hibrida mengandalkan gabungan antara mesin pembakaran internal dan motor listrik.

    Kombinasi ini menghasilkan penghematan BBM yang lebih maksimal berkat teknologi seperti sistem rem regeneratif dan fitur idling start-stop.

    Namun, harus diakui bahwasanya suatu pengakuan tinggal sebatas pengakuan sebelum ada bukti yang memperkuat.

    Nah, mengamati konsumsi BBM Ertiga Hybrid cukup penting untuk menilai sejauh mana ia betul-betul melampaui mobil-mobil pada umumnya.

    Angka Berbicara, Segini Konsumsi BBM Ertiga Hybrid

    Ertiga Hybrid, MPV 7-seater hibrida pabrikan Suzuki, memasuki pasar otomotif sebagai solusi bagi konsumen yang mengejar efisiensi BBM dengan kapasitas penumpang maksimal.

    Namun, jika kita cermati lebih seksama, konsumsi BBM Ertiga Hybrid mengungkap fakta lain.

    Sebelumnya, patut diperhatikan bahwa sistem hibrida pada Ertiga Hybrid berkategori “mild” alias ringan. Artinya, teknologi ini semata-mata membantu akselerasi alih-alih sepenuhnya bergantung pada tenaga listrik.

    Kendati sistem ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan BBM sampai batas tertentu, ia masih tertinggal jauh daripada solusi full hybrid atau plug-in hybrid.

    Berbekal kapasitas tangki BBM moderat sebesar 45 liter, angka konsumsi BBM Ertiga Hybrid yang menurut banyak berita sebesar 17 km/liter (pemakaian luar kota) dan 14,4 km/liter (rute dalam kota) sekilas menjanjikan.

    Tetapi, angka-angka ini cuma mencerminkan kondisi ideal, di mana faktor-faktor seperti macet, jenis medan, dan kebiasaan mengemudi sangat memengaruhi output.

    Terlebih lagi, taksiran jarak tempuh 648 sampai 765 kilometer tergolong dalam rentang yang relatif pendek.

    Jadi, konsumsi BBM Ertiga Hybrid boleh jadi lebih irit daripada Mitsubishi Xpander atau Honda Mobilio yang notabene adalah rivalnya di kelas MPV.

    Konsumsi BBM Ertiga Hybrid

    Namun, teknologi mild hybrid dan pemakaian BBM yang tak terlalu mencolok mengesankan kalau skala cost saving-nya mungkin tak sebanding dengan yang digembar-gemborkan.

    Bagaimanapun, kalau kamu seorang yang peduli lingkungan, mobil ini bakal pas buat kamu. 

    Temukan Ertiga Hybrid dengan penawaran terbaik cuma di OLX.  Langsung browsing iklan-iklan di sekitarmu lewat aplikasi OLX sekarang.

    Jangan lupa download aplikasinya di Google Play Store atau App Store biar lebih mudah dalam bertransaksi dan dapat penawaran menarik lainnya!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait