Minggu, April 28, 2024
Lainnya
    MobilSegini Pajak Innova Zenix, si Medium MPV Terlaris Mei 2023

    Segini Pajak Innova Zenix, si Medium MPV Terlaris Mei 2023

    Pajak Innova Zenix jadi pertimbangan sebelum membeli, apalagi mobil MPV yang satu ini cukup banyak memiliki penggemar. Hal ini terlihat dari masa indennya yang cukup lama, bahkan ada yang mencapai 1 tahun.

    Sejak meluncur perdana pada akhir tahun 2022 lalu, Kijang Innova Zenix terus curi perhatian.Betapa tidak, Innova Zenix yang merupakan generasi ketujuh dari seri Kijang ini hadir dengan kabin yang lebih lega dan mengusung ramah lingkungan.

    Kijang Innova Zenix tersedia dalam mesin hybrid dan bensin dan menjadi mobil hybrid pertama yang diproduksi langsung di Indonesia. Mobil ini memiliki 3 varian yakni G, V, dan Q. Zenix G dan V ini memiliki 2 jenis mesin yang tersedia, hybrid dan bensin.

    Sedangkan varian Q merupakan seri paling tinggi dan hanya tersedia varian mesin hybrid saja. Salah satu fitur yang hanya tersedia pada varian Q adalah New Power Backdoor with Voice Command.

    Pajak Innova Zenix

    Toyota Innova Zenix Hybrid EV

    Salah satu yang menjadi pertimbangan calon konsumen dalam memilih mobil ialah pajak tahunan. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dibayarkan usai satu tahun pemakaian.

    PKB yang diulas kali ini merupakan Toyota Kijang Innova Zenix V Gasoline seharga Rp 467 juta (on the road). Untuk pajaknya sendiri berdasarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor maka per tahun 2022 sebesar Rp 375 juta.

    Dikali faktor bobot sebesar 1,05 kali plus dikali 2% untuk PKB mobil pertama besarannya Rp 7,875 juta. Tentu nilai tersebut belum termasuk penambahan sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan sebesar Rp 143 ribu.

    Jadi bila ditotal, pemilik Innova Zenix V Gasoline perlu siapkan dana setidaknya Rp 8,018 juta.

    Apa bedanya dengan Toyota Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid?

    Jika dilirik berdasarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tahun 2022 Innova Zenix Q Hybrid sebesar Rp 491 juta.

    Setelah dikali nilai bobot sebesar 1,05 dan pajak mobil pertama 2%, pajak tahunannya sebesar Rp 10,311 juta. Bila ditambah dengan SWDKLLJ maka totalnya Rp 10,454 juta.

    Maka, ada selisih biaya yang cukup besar yakni Rp 2,436 juta diantara kedua type di atas.

    MPV Terlaris Mei 2023

    Berdasarkan data Gaikindo, Toyota Zenix memimpin penjualan di bulan Mei 2023 untuk urusan MPV terlaris. MPV andalan Toyota ini mampu terjual 2.995 unit.

    Angka tersebut unggul jauh dari Kijang Innova dengan penjualan 1.787 unit. Gaikindo juga mencatat pertumbuhan 1,28 persen dibanding April 2023.

    Tren positif penjualan mobil listrik berteknologi hybrid di Indonesia berlanjut pada Mei 2023. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid mampu terjual sebanyak 1.736 unit.

    Menjadi mobil MPV terbaik

    PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini juga borong banyak penghargaan di ajang OTOMOTIF Award 2023, termasuk meraih Car of The Year sebagai gelar paling bergengsi.

    TAM menyabet 6 penghargaan bergengsi dari total 45 penghargaan yang diberikan redaksi Tabloid OTOMOTIF untuk kategori mobil dan motor terbaik tahun 2023.

    Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid turut jadi bintang dengan menyabet Car of The Year 2023 dalam ajang OTOMOTIF Award ke-16 tersebut.

    Selain Car of The Year 2023, Toyota Kijang Innova Zenix juga memenangkan penghargaan untuk kategori Hybrid dan Multi Purpose Vehicle (MPV) Medium Gasoline terbaik.

    Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menyambut baik penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan ini dapat memacu Toyota memberikan yang terbaik bagi konsumen di Tanah Air.

    Populer
    GIIAS 2023
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait