Selasa, April 30, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFungsi, Jenis, dan Tips Memilih Karpet Mobil Agar Terjaga Keamanan Berkendara

    Fungsi, Jenis, dan Tips Memilih Karpet Mobil Agar Terjaga Keamanan Berkendara

    Sebelum memilih, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan setiap jenis karpet mobil!

    News.OLX – Karpet mobil adalah komponen yang selalu ada pada kendaraan. Adapun fungsi karpet mobil adalah sebagai pelindung lantai dasar mobil dari kotoran, peredam, menjaga kelembaban hingga  menambah nilai jual kendaraan.

    Di pasaran karpet mobil tersedia dalam beberapa jenis. Mulai dari harga yang murah hingga mahal tergantung dari bahan dan kelebihannya.

    Berikut jenis-jenis karpet mobil:

    Karpet jenis karet

    Kelebihannya mudah dibersihkan karena kotoran yang menempel pada karet gampang lepas saat dicuci. Kekurangannya hanya satu, yaitu harganya yang cukup mahal dibandingkan karpet mobil kebanyakan.

    Karpet jenis sintetis

    Karpet mobil dari bahan sintetis ini juga menyerupai yang berbahan karet. Mudah juga dibersihkan dan banyak diminati karena harganya yang terjangkau.

    Karpet jenis PVC

    Karpet yang satu ini juga lebih mudah dibersihkan. Jika ketumpahan air cukup dikibas-kibaskan. Jika kotor juga tinggal disikat dan dicuci dengan sabun. Karpet ini juga cepat kering saat dijemur. Harganya juga terjangkau.

    Karpet jenis beludru

    Permukaan beludru ini akan memberikan kenyamanan di kaki. Namun, kekurangannya adalah lebih susah dibersihkan dibandingkan jenis karpet mobil lainnya. Selain itu, harganya juga tergolong mahal.

    karpet mobil (2)

    Tips memilih karpet mobil

    Setelah jenisnya dan fungsinya sudah tahu, lalu bagaimana sih caranya memilih karpet mobil yang bagus? Berikut ini adalah tipsnya.

    1. Pilih yang tidak bau

    Karpet mobil yang bagus adalah yang tidak bau. Setidaknya baunya tidak mengganggu. Nah, bagi kamu yang suka belanja online susah sekali menentukan apakah karpet ini bau atau tidak. Lebih baik memang harus beli langsung dan mencium apakah karpet tersebut bau atau tidak.

    2. Pilih yang tidak licin

    Karpet mobil yang licin bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara. Karpet yang licin seringkali berubah posisi dan ini sangat mengganggu.

    Kamu bisa memastikan sendiri apakah karpet tersebut licin atau tidak dengan mengetesnya langsung. Namun jika tidak memungkinkan, kamu bisa meminta penjual untuk mengetes apakah karpet mobil tersebut licin atau tidak.

    3. Pilih yang ada perekat atau pengaitnya

    Ketika karpet tidak memiliki perekat dan mudah bergeser, maka sangat mungkin kotoran yang berada di karpet bisa tumpah ke bawah karena geseran. Selain itu, karpet tanpa perekat dapat mengganggu kenyamanan saat mengemudi.

    4. Pilih yang lentur atau elastis

    Karpet elastis tentunya kan lebih mudah diletakan di dalam kendaraan serta lebih mudah dibersihkan. Biasanya karpet yang memiliki elastisitas tinggi harganya lebih mahal dibandingkan yang elastisitasnya rendah.

    5. Pilih yang motifnya tidak terlalu rapat

    Alasan mengapa harus memilih motif yang tidak terlalu rapat adalah agar lebih mudah membersihkannya. Dengan motif yang terlalu rapat, maka kemungkinan kotoran menempel sangat besar.

    Seandainya dibersihkan pun tetap memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan motif yang lebih renggang lainnya.

    6. Pilih warna netral

    Warna netral bisa berupa warna hitam, coklat, atau warna gelap lainnya yang cocok dipasangkan dengan warna body dan interior  mobil apapun.

    Nah, sekarang sudah tahu kan jenis karpet apa yang cocok untuk mobil kesayangan kamu? Jadi, nggak salah pilih lagi, deh!

    Cari mobil bekas impianmu di OLX Member of ASTRA, download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    (Rek/Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait