Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    Tips & Trik4 Tips Memilih Ban Mobil Listrik yang Tepat

    4 Tips Memilih Ban Mobil Listrik yang Tepat

    Mobil listrik butuh ban yang baik seperti kendaraan konvensional. Simak tips pilih ban mobil listrik berikut!

    News.OLX – Mobil listrik belakangan semakin mencuat seiring para produsen yang menghadirkan unit satu ini. Unit ini dianggap sebagai alat transportasi masa depan dengan emisi rendah yang ramah terhadap lingkungan.

    Namun, tahukah kamu bagaimana pemilihan ban jenis unit ini dibandingkan dengan unit konvensional? Ban mobil listrik tentunya berbeda dengan jenis biasa. Sebab harus lebih kuat namun ringan dan tetap tahan lama. 

    Lantas, kira-kira bagaimana tips memilih ban mobil listrik yang tepat? Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ban untuk mobil listrik: 

    1. Cek Ukuran Indeks Beban

    Pada kendaraan jenis ini, komponen baterai akan memberikan berat secara pesat ketimbang unit jenis biasa. Kondisi tersebut akan memberikan tekanan ekstra. Maka, kamu butuh ban dengan indeks ukuran yang selaras dengan bobot unit roda empat.

    Kamu bisa mengetahui data tersebut pada dinding ban. Di sana terdapat informasi tentang ukuran dan indeks. Dari sana, maka kamu bisa memilih besaran tekanan udara yang cocok dengan penggerak tersebut. 

    2. Pilih yang Minim Hambatan Terhadap Akselerasi

    Tips memilih ban mobil listrik selanjutnya adalah menggunakan jenis ban dengan tingkat gesekan yang lebih sedikit. Sehingga gangguan terhadap akselerasinya akan lebih minim. Maka, ketika kamu lebih lancar berpacu di jalan, akan berpengaruh pada usia pemakaian baterai kamu. Sebab, kamu lebih efisien melaju berkendara.

    mobil listrik (9) (1)

    3. Gunakan Ban yang Tidak Bising 

    Mobil listrik tidak mengeluarkan bunyi karena tidak ada aktivitas dapur pacu seperti halnya pada unit biasa. Bunyi bisingnya pun sangat kecil, bahkan hampir tidak ada. Maka, kamu butuh ban yang memiliki tingkat bunyi bising benar-benar rendah atau tidak ada sama sekali. 

    4. Pastikan Punya Senyawa Karet Kuat

    Kemudian, tips memilih ban mobil listrik terakhir, kamu butuh jenis yang memiliki daya cengkram lebih kuat. Sebab, torsi pada unit ini lebih besar dan spontan. Maka, alangkah baiknya kamu menggunakan jenis komponen dengan senyawa karet keras dan kuat. Agar memberikan daya cengkram dan mengimbangi torsi yang besar. 

    Mobil listrik adalah jenis unit roda empat yang memiliki perbedaan dengan unit menggunakan bahan bakar berupa bensin. Perbedaannya ada pada bobot, akselerasi, torsi hingga bunyi komponen penggeraknya. Maka, kamu butuh komponen yang sesuai agar dapat mendukung performanya lebih maksimal. 

    Nah, untuk kamu pengguna jenis unit roda empat ini dan hendak mencari komponen penggerak yang sesuai, kamu bisa mendapatkannya di OLX. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store sekarang juga!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait