Minggu, April 28, 2024
Lainnya
    ReviewBenarkah Memakai Apple Vision Pro Setiap Hari Berdampak Buruk pada Kesehatan?

    Benarkah Memakai Apple Vision Pro Setiap Hari Berdampak Buruk pada Kesehatan?

    Apple Vision Pro katanya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, cek lebih dulu faktanya sebelum membeli!

    News.OLX – Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak gadget yang bermunculan di pasar industri IT. Salah satunya adalah Apple Vision Pro yang baru Apple rilis pada 2 Februari 2024 yang lalu.

    Namun, di tengah peluncurannya, produk ini menuai isu kurang sedap terkait dampaknya untuk kesehatan. Lantas, betulkah ada dampak menggunakan Apple Vision Pro pada kesehatan? Cek faktanya di sini!

    Alasan Banyak Pengguna Mengembalikan Vision Pro

    Baru saja resmi merilis produk terbarunya, Apple menuai atensi banyak orang lantaran banyak pengguna yang mengembalikan produk. Vision Pro dinilai sejumlah orang kurang nyaman dan masih butuh banyak perbaikan.

    Beberapa orang mengatakan mereka mengalami pusing dan mual saat menggunakannya. Beberapa juga menyebutkan mereka merasa tegang pada bagian matanya setelah menggunakan Apple Vision Pro.

    Karena itu, banyak yang kemudian berbondong-bondong mengembalikan produk keluaran terbaru Apple ini. Bahkan, setelah dua minggu sejak peluncurannya.

    Meski begitu, banyak yang mengakui mereka sebetulnya sangat tertarik untuk menggunakan Vision Pro ini. Apalagi dengan pengalaman penggunaan gadget yang luar biasa. Namun, tidak sedikit dari mereka juga mengakui bahwa mereka takut untuk mencobanya lagi.

    apple vision pro (2)

    Dampak Menggunakan Apple Vision Pro terhadap Kesehatan

    Seperti yang sudah kamu baca di atas, penggunaan Vision Pro memang membuat sejumlah orang kemudian mengalami masalah. Seperti kepala yang pusing, mual dan matanya yang tegang setelah penggunaan selama beberapa saat.

    Namun, apakah betul ini memang berdampak buruk bagi kesehatan? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini.

    1. Dampak terhadap Kemampuan Sosial

    Melansir dari berbagai sumber, penggunaan produk VR seperti Vision Pro sebetulnya dapat berdampak pada segi sosial. Maksudnya adalah dengan menggunakan produk VR orang akan terisolasi dari kehidupan sosialnya.

    Mereka lebih tertarik menggunakan VR dan tidak begitu mendengar situasi sekitarnya berkat headset dari produk ini. Namun, Apple sendiri mengatakan mereka sudah berusaha mengatasi hal tersebut melalui fitur EyeSight.

    Meski begitu, pada penggunaannya fitur ini belum begitu sempurna karena masih menampilkan gambar yang berpixel.

    2. Dampak terhadap Kesehatan Mata

    Banyak yang bertanya apakah Vision Pro ini baik untuk kesehatan mata? Jawabannya tentu tidak. Namun, bukan berarti ini kemudian sangat berbahaya untuk kesehatan mata kamu.

    Faktanya, penggunaan produk VR ini memang dapat mempengaruhi mata karena kamu tidak berkedip untuk waktu yang lama. Sehingga, mata akan memerah dan kering.

    Selain itu, ini juga dapat mempengaruhi mata akibat apa yang kamu lihat melalui VR sebetulnya berbeda dengan realitanya. Sehingga, kamu mengalami kebingungan yang membuat mata jadi tegang. 

    3. Vision Pro dapat Mengakibatkan Kelelahan

    Dampak terakhir dari produk keluaran Apple yang satu ini adalah dapat mengakibatkan kelelahan. Ini sebetulnya wajar terjadi, ya, mengingat Vision Pro memiliki ukuran yang cukup besar.

    Meletakkannya di kepala seperti kacamata jelas akan membebankan kepala dan leher kamu. Sehingga, sudah pasti akan mengalami kelelahan bila kamu gunakan dalam waktu yang lama.

    Inilah mengapa banyak yang kemudian mengalami sakit leher setelah menggunakan Vision Pro untuk beberapa waktu.

    Peringatan Apple Terkait Penggunaan Vision Pro

    Sebetulnya, Apple sudah menyadari beberapa dampak dari penggunaan Vision Pro ini terhadap kesehatan para penggunanya. Karena itu pula, mereka telah mengeluarkan peringatan pada para penggunanya terkait dengan penggunaan.

    Apple mengatakan produknya ini hanya boleh digunakan untuk orang-orang berumur 13 tahun ke atas. Selain itu, ini tidak dianjurkan bagi kamu yang sedang hamil atau mengalami beberapa kondisi kesehatan pada mata, telinga atau psikologis.

    Apple juga menyarankan agar kamu selalu mengambil istirahat saat menggunakan produknya ini. Jangan menggunakannya terus-menerus tanpa istirahat karena akan membuat kamu lelah.

    Jadi, itulah jawaban terkait dengan isu dampak menggunakan Apple Vision Pro terhadap kesehatan. Karena itu, kamu tidak perlu takut dan anti kalau memang ingin mencobanya, ya.

    Kalau kamu ingin mencari produk keluaran Apple ini maupun VR lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait