Minggu, April 21, 2024
Lainnya
    MobilFirst Drive Chery TIGGO 5X: Tenaga Responsif dan Full Power, Namun Kekedapan...

    First Drive Chery TIGGO 5X: Tenaga Responsif dan Full Power, Namun Kekedapan Kabin Kurang Maksimal

    Lima Core Selling Points atau keunggulan yang ditawarkan pada Chery TIGGO 5X kepada calon konsumennya di Indonesia, yakni fashionable design, platinum power, royal comfort, intelligent technology, dan total safety.

    News.OLX – PT Chery Sales Indonesia (CSI) di IIMS 2024 lalu kembali menghadirkan salah satu model yang merupakan rangkaian produk dari TIGGO Pro Series. Model compact SUV (sport utility vehicle) baru Chery ini bernama TIGGO 5X.

    Jum’at, 22 Maret 2024 kemarin, Chery memberikan kesempatan kepada puluhan awak media, termasuk News.OLX untuk menjajal langsung berbagai keunggulan yang dibenamkan di mobil baru Chery di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta. 

    Bagaimana kesan dari first drive Chery TIGGO 5X usai News.OLX merasakannya langsung? Baca sampai habis.

    Desain elegan dengan kesan mewah dan nyaman

    First drive Chery TIGGO 5X
    Desain compact SUV Chery TIGGO 5X mengikuti DNA desain pendahulunya, yakni TIGGO 7 Pro dan TIGGO 8 Pro (Zie)

    Mobil SUV baru dari Chery ini tampil menawan dengan kisi-kisi depan berhiaskan berlian, lampu depan LED matriks, dan garis bodi yang tajam.

    Secara tampilan, Chery TIGGO 5X menawarkan DNA desain khas TIGGO yang klasik dan elegan sekaligus mewah. Dengan kabin yang cukup luas, mobil ini mampu mengakomodir lima orang penumpang dengan cukup nyaman. 

    Duduk dibelakang kemudi Chery TIGGO 5X, News.OLX merasa nyaman dengan driving position yang pas. Posisi jok di baris pertama bisa di adjust untuk mendapatkan posisi berkendara menyesuaikan tinggi badan kita.

    Tenaga cukup responsif, namun kekedapan kabin kurang maksimal

    First drive Chery TIGGO 5X
    News.OLX saat duduk di bangku pengemudi kabin Chery TIGGO 5X untuk merasakan langsung performanya (Zie)

    Chery TIGGO 5X dilengkapi mesin 1.500cc Naturally Aspirated (NA) bertenaga maksimum hingga 112 hp pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi maksimum 138 Nm pada 2.750 rpm yang disalurkan lewat transmisi otomatis CVT 7 Speed.

    Di atas kertas, catatan teknis ini tentu memberikan performa optimal dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. 

    Saat menemukan celah kosong di jalur lurus dan panjang sekitaran Boulevard PIK 2 yang memiliki permukaan aspal halus dan rata, News.OLX langsung mencoba menginjak pedal gas dengan cukup dalam untuk mencari tahu kehebatan akselerasi dari mobil comapct SUV Chery ini. 

    Awalnya respon mesin terasa sedikit nge-leg, namun sejurus kemudian mesin 1.500cc Naturally Aspirated (NA) ini mulai mengoreksinya melalui perpindahan transmisi yang cepat serta halus untuk mencapai torsi serta tenaga maksimum.

    Dari speedometer digital yang kami lihat, kami bisa memacu Chery TIGGO 5X hingga kecepatan 140 km/jam. 

    Namun sayangnya, ada satu hal yang kami rasa cukup mengganggu saat mencoba menggeber tenaga mesin Chery TIGGO 5X. Suara mesin menggerung terasa cukup dekat di kuping meski kondisi kaca jendela sudah tertutup rapat. 

    Fitur Chery TIGGO 5X sangat lengkap untuk ukuran mobil SUV di bawah Rp300 juta

    First drive Chery TIGGO 5X
    Line up Chery TIGGO 5X saat acara test drive di kawasan PIK2, Jakarta (CSI)

    Mobil baru Chery ini juga memiliki kelengkapan fitur serta teknologi terbaru yang menjadikannya cocok untuk menjadi mobil harian yang akan mendukung aktivitas sehari-hari.

    Fitur tersebut antara lain ada kamera 360 derajat, multi color ambient light, dan Power Sunroof untuk tipe Champion. 

    Chery TIGGO 5X juga menghadirkan teknologi canggih seperti layar sentuh 10.25 inci, instrument cluster digital 7 inci, dan sistem voice assistant untuk kemudahan dan kenyamanan pengguna. 

    Sementara dari lingkup safety, mobil baru Chery ini juga sudah mengadopsi 6 airbag dan fitur ADAS (Advanced Driving Assistance Systems) terbanyak di kelasnya.

    Setidaknya ada 7 fungsi utama ADAS di dalamnya, yakni ACC, LDW, FCW, AEB, BSD, IHC, RCTA dan ini hanya tersedia untuk trim Champion.

    Selain itu ada juga fitur keamanan dan keselamatan lainnya seperti penguncian pintu otomatis, alarm anti-maling, PEPS Remote, Startup System, Electric Folding dan External Rear View Mirror.

    Setidaknya ada lima Core Selling Points atau keunggulan yang ditawarkan pada Chery TIGGO 5X kepada calon konsumennya di Indonesia, yakni fashionable design, platinum power, royal comfort, intelligent technology, dan total safety

    Keseluruhan keunggulan yang dimiliki mobil baru Chery ini, menjadikannya sebagai sebuah compact SUV yang cukup bisa diandalkan dalam mendukung aktivitas serta mobilitas harian. 

    Tidak heran jika pada akhirnya, Chery mengklaim kehadiran mobil SUV ini untuk menyasar konsumen dewasa muda di perkotaan yang menyukai teknologi, stylish dan timeless design.

    “Chery TIGGO 5X merupakan bentuk komitmen kami kepada industri otomotif Indonesia untuk menjangkau berbagai kelas konsumen. Pada awal kehadiran di Indonesia, kami langsung memperkenalkan Chery TIGGO Pro 8 dan Chery TIGGO Pro 7 yang memiliki reputasi baik dengan desain dan fitur premium. Aliran DNA kedua SUV tersebut kini juga dapat dirasakan pada Chery TIGGO 5X dengan ukuran yang lebih ringkas dan harga yang sangat kompetitif,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Department, PT Chery Sales Indonesia.

    Masih pakai harga pre-booking, Chery TIGGO 5X baru diproduksi di pertengahan tahun

    Menyinggung soal harga, mobil baru Chery ini sementara masih dirilis dengan harga pre-booking, yakni Rp249 juta untuk varian Classic dan Rp279 juta untuk varian Champion. Artinya harga tersebut masih sementara dan kemungkinan besar masih bisa berubah. 

    Konsumen yang melakukan pemesanan Chery TIGGO 5X di periode ini, akan mendapatkan cashback sebesar Rp20 juta.

    Sama dengan produk Chery lainnya, pemesanan Chery TIGGO 5X juga dilindungi dengan paket garansi kendaraan selama enam tahun atau 150.000 Km dan bebas jasa perawatan berkala selama empat tahun atau 60.000 Km. 

    Chery juga memberikan layanan roadside assistance gratis selama satu tahun dengan opsi perpanjangan.

    Meski sudah melakukan pemesanan, konsumen calon pemilik Chery TIGGO 5X harus sabar dalam mendapatkan unitnya, karena pihak Chery sendiri baru menjadwalkan produksi TIGGO 5X di Q2 2024.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait