Sabtu, April 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Cara Melacak STNK Hilang, Tidak Perlu Khawatir dan Panik

    Ini Cara Melacak STNK Hilang, Tidak Perlu Khawatir dan Panik

    Cara melacak STNK hilang penting diketahui agar dokumen tersebut tidak jatuh ke tangan yang salah. Bagaimana?

    News.OLX – STNK hilang bisa menimbulkan kepanikan. Apabila STNK jatuh ke tangan yang salah, ada potensi penyalahgunaan identitas atau kendaraan.

    Pihak yang tidak bertanggung jawab juga bisa menggunakan STNK yang hilang untuk kegiatan ilegal atau penipuan. Lantas, bagaimana cara melacak STNK hilang?

    Memang, STNK yang hilang tidak bisa dilacak secara langsung ibarat perangkat elektronik. Namun, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasi kehilangan dokumen ini.

    3 Cara Melacak STNK Hilang

    Berikut adalah cara melacak STNK hilang yang bisa kamu coba:

    1. Laporkan Kehilangan

    Jangan tunggu nanti untuk melaporkan kehilangan STNK ke kepolisian. Laporan ini berfungsi untuk mencegah potensi penyalahgunaan dokumen. Namun, beberapa dokumen dan informasi perlu kamu siapkan lebih awal, seperti:

    • KTP
    • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
    • Fotokopi STNK (jika ada)
    • Deskripsi kehilangan

    Tidak usah cemas tentang biaya, karena pembuatan laporan kehilangan di kantor polisi adalah layanan yang tersedia tanpa pungutan biaya, alias gratis.

    cara melacak STNK hilang (1)

    2. Ganti STNK

    Cara melacak STNK hilang berikutnya adalah dengan mengajukan permohonan penggantian STNK ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) setempat.

    Pertama, kamu perlu menyiapkan dokumen, seperti KTP, surat kehilangan, BPKB, pas foto berwarna, dan surat kuasa (jika pengurusan dilakukan oleh orang lain). Kemudian, datang langsung ke kantor Samsat terdekat. Ambil formulir permohonan penggantian STNK di loket. 

    Lalu, isi formulir dengan lengkap dan jelas. Serahkan formulir yang telah diisi dan dokumen-dokumen yang diminta kepada petugas di loket penerimaan dokumen. Petugas akan memeriksa dokumen-dokumen yang kamu serahkan.

    Jika dokumen dinyatakan lengkap, bayar biaya administratif sebesar Rp250.000. Tunggu konfirmasi. Setelah proses selesai, kamu bisa mengambil STNK baru.

    3. Cek Plat Nomor Kendaraan Online

    e-samsat.id menyediakan layanan online di mana kamu bisa memeriksa status registrasi kendaraan. Layanan ini secara tidak langsung merupakan cara melacak STNK hilang, karena kamu bisa memverifikasi bermacam-macam informasi termasuk salah satunya status STNK.

    Cara melacak STNK hilang melalui e-samsat.id sangat simpel. Kunjungi portal tersebut, isikan nomor kendaraan, lima digit terakhir nomor rangka, dan pilih provinsi tempat tinggalmu. Tidak butuh waktu lama, dan informasi yang kamu cari akan muncul di layar.

    Ingat, ikuti cara melacak STNK hilang di atas agar kamu dapat segera mendapatkan ganti dokumen yang sah dan mencegah risiko penyalahgunaan.

    Kalau kamu mencari motor bekas berkualitas, OLX jawabannya! Cuma di OLX, kamu bisa berinteraksi langsung dengan penjual tepercaya dan melakukan negosiasi harga. Agar lebih praktis, jangan lupa download aplikasinya di Google Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait