Sabtu, April 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMau Bikin Dapur di Area Outdoor? Ini Tipsnya

    Mau Bikin Dapur di Area Outdoor? Ini Tipsnya

    Dapur outdoor harus dibuat dengan perhatian khusus, lho. Ada beragam tips yang bisa kamu ikuti!

    News.OLX – Sejak zaman dulu, sebetulnya dapur terbuka yang berada di luar rumah sudah jadi hal yang umum, lho. Namun, kini tidak sedikit juga yang tertarik untuk membuat outdoor kitchen karena sirkulasi udaranya yang lebih baik.

    Untuk membuat outdoor kitchen, sebetulnya perlu beberapa perhatian khusus, lho, agar aktivitas memasak tetap nyaman. Nah, kalau kamu juga tertarik, kamu bisa lihat beberapa tips membuat dapur outdoor berikut ini!

    1. Tentukan Konsepnya

    Ketika ingin membuat kitchen di area terbuka atau outdoor, hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah memikirkan konsepnya.

    Kamu ingin konsep kitchen yang seperti apa? Fungsional atau hanya untuk penggunaan minimal? Pikirkan pula ingin betul-betul terpisah dari rumah atau masih ingin menempel dengan rumah?

    Hal ini penting, lho, untuk kamu pikirkan lebih dulu karena akan berkaitan nantinya dengan poin-poin selanjutnya.

    2. Lihat Ruang yang Ada

    Setelah kamu mendapatkan konsep yang kamu inginkan, sekarang lihatlah ruang terbuka yang ada di rumah. Ukur kira-kira berapa space yang bisa kamu gunakan untuk membuat outdoor kitchen.

    Saat mengukur, lihatlah pula apakah ruang yang tersedia ini juga cukup untuk kamu meletakkan beberapa peralatan dapur. Misalnya, seperti rak piring, kulkas, kabinet atas, rak untuk perbumbu-bumbuan dan sebagainya.

    Bila kamu sudah mendapatkan luasnya, kamu harus sesuaikan kembali konsep yang ada dengan fakta lapangan yang kamu dapatkan ini.

    3. Perhatikan Kondisi Iklim

    Saat akan membuat dapur outdoor, kamu juga harus memperhatikan kondisi iklim dan lingkungan di area rumah kamu. Apakah di sana sering mengalami hujan atau justru panas sepanjang tahun?

    Ini penting karena juga akan berkaitan dengan konsep serta desain dari kitchen yang akan kamu buat. Bila ternyata sering panas, artinya kamu harus menggunakan naungan yang sesuai.

    Bila ternyata sering hujan, artinya desain bagian atap harus kamu sesuaikan dan sediakan area tampungan air. Perhatikan pula agar nantinya percikan air tersebut nantinya tidak malah mengotori kitchen.

    dapur (1) (1)

    4. Pertimbangkan Lingkungan Rumah saat Pilih Material

    Tips membuat dapur outdoor selanjutnya yang bisa kamu ikuti adalah kamu harus mempertimbangkan lingkungan rumah kamu. Ini penting untuk kamu lakukan saat akan memilih material. 

    Bila area rumah kamu ternyata cukup lembab dan sering hujan, artinya pemilihan materialnya pun harus yang tahan lembab. Sehingga, seluruh area kitchen tidak akan mudah jamuran.

    Sedangkan, kalau ternyata area rumah kamu cukup panas, material yang kamu pilih juga harus tahan panas agar awet.

    5. Jangan Lupakan Utilitas Dapur

    Perhatikan pula utilitas saat mendesain kitchen kamu, ya. Mulai dari akses listrik, air dan gas. Jangan sampai kamu melupakan ketiga hal penting ini saat membangun kitchen di area terbuka.

    Hal ini karena kamu pasti akan membutuhkan listrik saat memasak, entah untuk menggunakan blender, mixer dan sebagainya. Apalagi untuk air dan gas, ini tentu sangat penting dalam memasak.

    6. Atur Anggaran

    Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah mengatur anggaran pembuatan kitchen sesuai dengan poin-poin di atas.

    Saat menyusun anggaran, pertimbangkan pula isi kantong kamu, ya. Jangan sampai kamu malah mengatur anggaran yang melebihi kemampuan finansial kamu. Bisa-bisa, proses pembuatan dapur ini malah tidak selesai nantinya.

    Nah, itu dia beberapa tips membuat dapur outdoor yang bisa kamu ikuti dan perhatikan, ya.

    Jika kamu ingin mencari jasa desain interior maupun peralatan untuk kitchen kamu di rumah, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait