Sabtu, April 27, 2024
Lainnya
    ReviewSejarah Honda Civic, Sudah Eksis dari Tahun 1970an!

    Sejarah Honda Civic, Sudah Eksis dari Tahun 1970an!

    News.OLX – Honda Civic merupakan salah satu mobil legendaris di Indonesia, bahkan dunia. Sebabnya, sejak debutnya pada tahun 1970-an, Honda Civic telah membuktikan diri sebagai mobil kompak yang tak tertandingi hingga saat ini.

    Banyak hal yang menarik dari sejarah perkembangan mobil tersebut. Sebab itu, mari kita telusuri perjalanan epik Honda Civic yang telah melintasi zaman dengan keunggulan tak tergoyahkan.

    Honda Civic Koper, Generasi 1 (1972)

    Tahun 1972 menjadi tonggak awal bagi Honda Civic hadir di panggung global. Mobil ini memiliki desain mungil dan juga kompak dan dijuluki Civic Koper.

    Banyak yang percaya, penamaan Civic Koper lantaran bentuknya yang mirip dengan Mini Cooper yang kala itu populer di Indonesia. Generasi pertama Civic, yang juga dikenal sebagai Civic 1G, baru masuk ke Indonesia pada tahun 1975.

    Di Indonesia, mobil ini sangat populer dan hanya ada dalam versi dua pintu saja. Mobil ini makin populer ketika digunakan oleh pembalap legendaris Aswin Bahar.

    Civic Generasi 1 ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.169 cc, 4 silinder dengan sistem pendinginan air, dan rem cakram di bagian depan. Sistem pengereman ini dianggap canggih untuk jamannya.

    Keistimewaan mobil dengan mesin berkapasitas kecil tentu saja terletak pada konsumsi bahan bakar yang cukup irit, menjadi nilai tambah bagi pemiliknya. Sayangnya saat ini, Civic generasi pertama telah menjadi mobil klasik yang langka.

    Honda Civic Excellent, Generasi 2 (1979-1983)

    Generasi kedua disebut dengan Civic Excellent. Mobil ini mulai dikenal di Indonesia antara tahun 1979 hingga 1983.

    Terdapat beberapa perubahan pada Civic Excellent. Dimensinya lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya. Hal ini sangat lumrah, lantaran saat itu mobil sering digunakan masyarakat untuk berkendara bersama keluarga.

    Selain dimensi, perubahan juga terjadi pada desainnya yang menjadi lebih modern. Ini terlihat dari bumper depan dan belakangnya sudah terbuat dari bahan plastik, namun desain grille masih tetap mirip, hanya ukurannya yang diperbesar.

    Untuk urusan mesin, Civic Excellent dibekali tenaga  berkapasitas 1.335 cc. Mobil ini menyediakan sistem transmisi manual dan juga semi otomatis yang dikenal sebagai Hondamatic.

    Honda Civic Wonder, Generasi 3 (1983-1987)

    Generasi ketiga kerap disebut sebagai Civic Wonder. Mobil ini menawarkan berbagai pilihan kepada konsumen melalui varian hatchback dan sedan.

    Civic Wonder masuk Indonesia dalam rentang tahun 1983 hingga 1987. Mobil ini ditenagai mesin berkapasitas 1.500 cc dengan kubikasi 4 silinder.

    Generasi ketiga ini juga mengalami perubahan desain dari pendahulunya yang sedikit lebih modern. Meski demikian, desain mobil saat ini masih mengotak mirip sedan khas Jepang.

    Alhasil, mobil tiga pintu ini dijuluki dengan sebutan Wonder Setrikaan karena bentuknya mirip alat setrika baju. Mobil ini menjadi ancaman bagi pesaingnya seperti Toyota Corolla DX yang juga memiliki desain kompak.

    Honda Grand Civic dan Honda Civic Nouva, Generasi 4 (1987-1991)

    Honda Civic generasi ke-4 hadir pada tahun 1987 hingga tahun 1991 dan tenar dengan sebutan Honda Grand Civic dan Honda Civic Nouva untuk bersi hatchback-nya. Mobil ini memiliki desain yang lebih modern dan membulat.

    Tak heran bahwa mobil ini menjadi saingan untuk mobil Toyota Corolla TwinCam. Apalagi mesin kedua mobil ini nyaris serupa.

    Civic generasi keempat ini dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc dengan kubikasi 4 silinder, Mesin berkode B16A ini telah menggunakan teknologi DOHC dan VTEC. Sehingga terkenal akan efisiensi bahan bakarnya yang baik.

    Selain perubahan desain dan mesin, terjadi juga perubahan signifikan pada sistem suspensinya. Mobil ini telah menggunakan model double wishbone yang mampu memberikan handling yang lebih baik dan kenyamanan dalam berkendara.

    Honda Civic Genio dan Honda Civic Estilo Generasi 5 (1991-1995)

    Honda Civic selanjutnya dikenal dengan nama Civic Kapsul. Hal ini karena desain mobil yang sudah membulat karena terjadi modernisasi desain di tahun tersebut. Generasi kelima Civic diberi nama sebagai Honda Genio. Mobil ini diproduksi dari tahun 1991 hingga 1995.

    Tak hanya varian sedan saja, namun mobil ini juga memiliki versi hatchback dan diberi nama Honda Estilo serta diproduksi antara pertengahan tahun 1992 hingga 1995.

    Dengan desain yang lebih modern dan estetika yang menarik, Civic Genio menarik perhatian banyak orang. Bentuknya yang bulat dan aerodinamis memberikan tampilan yang berbeda dari generasi sebelumnya.

    Honda Civic Ferio, Generasi 6 (1995-2000)

    Pada generasi keenam, Honda meluncurkan Civic Ferio yang juga tak kalah menjadi perhatian khalayak. Mobil ini diproduksi dari tahun 1995 hingga 2000 hanya dalam varian sedan.

    Selama periode tersebut, Civic diproduksi di Indonesia melalui pabrik perakitan Honda di Gaya Motor Sunter. Jumlahnya cukup melimpah di jalan-jalan, dan menjadi salah satu pilihan favorit bagi para penggemar modifikasi.

    Untuk generasi keenam ini, Civic telah menggunakan mesin VTEC dengan 1600cc PGM-FI sudah menggunakan teknologi injeksi. Tak ayal, Civic Ferio menjadi objek modifikasi yang diminati banyak orang baik pada mesin maupun tampilan eksterior dan interior.

    Honda Civic Generasi 7 (2000-2004)

    Generasi ketujuh Civic dikenal dengan sebutan New Civic 21st Century. Mobil ini dilengkapi dengan mesin bertenaga 1.700cc dengan kode D17A VTEC yang memberikan performa yang impresif.

    Tidak hanya itu, New Civic ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, seperti Central Lock, Alarm, Power Windows, dan Rem ABS (Antilock Braking System).

    Selain itu, bagian interior Civic generasi ketujuh ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan ruang yang luas bagi penumpangnya melalui teknologi G-CON.

    Kehebatan New Civic ini juga diakui oleh industri otomotif, di mana mobil ini berhasil meraih penghargaan sebagai “Car of The Year Japan” pada periode 2001-2002.

    Dengan semua keunggulan dan prestasi yang dimilikinya, New Civic generasi ketujuh ini menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang menginginkan kombinasi antara performa, kenyamanan, keamanan, dan gaya yang trendy.

    Honda Civic Generasi 8 (2005-2011)

    Generasi berikutnya hadir pada rentang tahun 2005 hingga 2011. Pada model ini, dimensi bodi mobil ini mengalami peningkatan baik dari sisi panjang maupun lebar. Selain itu, perhatian terhadap keamanan juga semakin meningkat dengan kehadiran dual SRS airbag.

    Adapun di Indonesia, untuk generasi kedelapan ditawarkan dalam dua varian mesin, yaitu 1.800 cc dan 2.000 cc. Hingga saat ini, permintaan terhadap Civic FD masih tinggi, terutama sebagai kendaraan sehari-hari, berkat keandalan dan efisiensi bahan bakarnya yang terkenal.

    Honda Civic Generasi 9 (2011-2016)

    Generasi Civic selanjutnya diluncurkan pada tahun 2011 dan diproduksi hingga 2016. Generasi ini menampilkan desain yang lebih modern dan aerodinamis.

    Dengan kode bodi FB, Civic generasi kesembilan ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru sebagai peranti utama.

    Beberapa fitur yang dihadirkan antara lain sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), Vehicle Stability Assist, dan Electronic Brake Distribution yang menjadi keunggulan utamanya.

    Honda Civic Generasi 10 (2016-2021)

    Generasi terbaru Civic dirilis pada tahun 2016 dengan kode bodi FC dan FK. Model ini mengusung mesin 1.500 cc, 4 silinder turbo, memberikan tenaga yang luar biasa.

    Honda merayakan 43 tahun kehadiran Civic di dunia otomotif internasional dengan generasi ini. Desainnya yang gahar dan sporty sangat menjadi perdebatan oleh banyak orang. Ada yang suka, pula banyak yang mengkritik.

    Ukuran model ini juga mengalami peningkatan. Wheelbase-nya lebih panjang sekitar 1,2 inci dan lebarnya bertambah hampir 2 inci. Ruang kabin yang lega dan nyaman menjadi nilai tambah yang signifikan.

    Honda Civic Generasi 11 (2021)

    Honda Civic generasi terbaru resmi diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2021 dengan mengusung nama All New Honda Civic RS.

    Pada generasi ini, grille-nya hadir dengan desain baru dan terintegrasi dengan Full LED Headlight, serta dilengkapi dengan LED Daytime Running Light dan LED Turning Signal.

    Terdapat pula Auto Foldable Door Mirror dengan warna hitam dipadukan dengan aero kit eksklusif RS, seperti Sporty Aero Trunk Spoiler, untuk menambah kesan sporty pada tampilan mobil.

    Soal performa, All New Honda Civic RS menggunakan mesin 4 silinder DOHC VTEC Turbo 1.500 cc, yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 175 dk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 240 Nm pada 4.500 rpm. Mesin ini memberikan performa yang impresif dan responsif saat dikendarai.

    All New Honda Civic RS ditawarkan dalam 4 pilihan warna untuk para konsumennya. Warna tersebut terdiri dari Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White.

    Dari ke-11 generasi yang dimiliki Honda Civic, ada yang menarik perhatian kamu nggak, nih? Atau, mau lihat-lihat pilihan mobil lainnya?

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLXDownload juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait