Sabtu, April 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikRekomendasi Menu Buka Puasa Sehat

    Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat

    Menu buka puasa sehat penting agar kamu tidak sakit selama Ramadhan. Coba berbagai menu buka puasa ini, yuk!

    News.OLX – Sebagai umat muslim, sudah jadi kewajiban kita untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan nantinya. Karena kamu akan menahan lapar seharian, tentu kamu harus mengonsumsi menu buka puasa sehat.

    Mengingat tubuh kamu akan kehilangan energi setelah seharian beraktivitas sambil menahan lapar dan dahaga. Nah, agar nutrisi kamu tetap terpenuhi selama berpuasa, kamu bisa coba beberapa menu sehat berikut ini!

    1. Kurma dan Air Putih

    Melansir dari berbagai sumber, setelah seharian berpuasa sebaiknya kamu mengonsumsi sesuatu yang manis. Namun, bukan manis buatan, melainkan alami. Kamu pun juga dianjurkan untuk berbuka dengan minum lebih dulu.

    Nah, karena itu, kurma dan air putih jelas jadi menu berbuka yang paling tepat sebagai pembukaan sebelum mengonsumsi yang berat. 

    Dengan mengonsumsi kurma dan air putih, kamu bisa disegarkan dan mendapatkan sedikit energi dari gula di dalam kurma. Selain itu, kurma ini juga punya banyak khasiat untuk berbagai penyakit seperti diare, anemia dan sebagainya.

    2. Jus Buah atau Smoothies

    Selain kurma dan air putih, kamu juga bisa, lho, mengonsumsi jus buah atau smoothies untuk pembukaan saat berbuka di sore hari. Asalkan kamu hanya menggunakan madu alami sebagai pemanis, ya.

    Selain menyegarkan, jus buah dan smoothies tentu punya beragam khasiat untuk kesehatan tubuh kamu. Mengingat kandungan seratnya yang sangat tinggi.

    Apalagi kalau kamu mencampurkan beberapa buah berkhasiat dalam satu gelas tersebut. Sudah pasti akan sangat sehat untuk tubuh kamu.

    menu buka puasa sehat (1)

    3. Gado-Gado

    Nah, setelah membuka puasa dengan sesuatu yang menyegarkan, barulah kamu bisa mengonsumsi sesuatu yang berat. Tentunya, dengan menu buka puasa sehat, ya, seperti gado-gado.

    Gado-gado sendiri memiliki banyak sekali serat karena berisikan sayuran dengan saus kacang yang kaya akan protein. Selain itu, ini juga cukup mengenyangkan karena terdapat karbohidrat dari ketupat di dalamnya. 

    Namun, ketika mengonsumsi gado-gado, sebaiknya jangan sertakan banyak gorengan, ya. Kalau memang ingin, cukup 1-2 potong saja.

    4. Oatmeal

    Kamu ingin sesuatu yang clean dan tidak berminyak? Jika iya, kamu bisa jadikan oatmeal sebagai menu buka puasa sehat kamu, lho. 

    Kamu bisa buat menu oatmeal dengan campuran sedikit susu dan maple syrup atau madu. Jika kamu ingin yang lebih mengenyangkan, kamu bisa buat smoothies bowl dengan oatmeal, pisang dan pemanis alami seperti madu.

    Kamu juga bisa buat oatmeal seperti biasa dan berikan toping buah-buahan yang banyak agar lebih mengenyangkan untuk perut.

    5. Sayur Tumis dan Daging

    Rekomendasi menu buka puasa sehat terakhir yang bisa kamu coba adalah sayuran tumis dan daging-dagingan. Kamu bisa menumis sayur apapun yang kamu suka sesuai selera.

    Misalnya, buncis tumis atau capcay sederhana. Kalau tidak ingin tumis-tumisan, kamu bisa membuatnya menjadi sup agar lebih menyegarkan.

    Nah, untuk proteinnya, kamu bisa membuat olahan daging, baik daging merah maupun putih. Kamu bisa pilih sesuai selera, ya. Tetapi, ingat usahakan jangan terlalu banyak lemak pada olahan daging ini agar tidak mengganggu kesehatan kamu.

    Sekian beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat yang bisa kamu coba selama masa Ramadan. Ingat, saat bulan Ramadan, sebaiknya kamu cari menu berbuka yang tidak begitu berlemak agar baik untuk tubuh kamu.

    Jika kamu ingin mencari alat masak untuk membuat menu berbuka, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait